-->

Cara menghapus malware dari PC Windows Anda

Hati-hati dengan tanda-tanda dari PC yang dipenuhi malware: kinerja yang lebih lambat dari biasanya, munculnya banyak pop-up baru-baru ini, dan masalah aneh lainnya. Ada kemungkinan sistem Anda telah terinfeksi oleh virus, spyware, atau entitas jahat lainnya — bahkan jika Anda memasang program antivirus. Ya, perilaku yang tidak biasa terkadang merupakan hasil dari masalah perangkat keras, tetapi yang terbaik adalah menyingkirkan malware terlebih dahulu jika PC Anda sedang berulah. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengambil tindakan.
Langkah 1: Masuk ke Mode Aman Sebelum Anda melakukan apa pun, Anda perlu memutuskan sambungan PC Anda dari internet, dan jangan menggunakannya sampai Anda siap untuk membersihkan PC Anda. Ini dapat membantu mencegah malware menyebar dan / atau membocorkan data pribadi Anda. Jika Anda berpikir PC Anda mungkin memiliki infeksi malware, boot PC Anda ke Mode Aman Microsoft. Dalam mode ini, hanya program dan layanan minimum yang diperlukan yang dimuat. Jika malware apa pun diatur untuk memuat secara otomatis ketika Windows mulai, masuk dalam mode ini dapat mencegahnya dari melakukannya. Ini penting karena dapat menghapus file jahat dengan lebih cepat karena tidak benar-benar berjalan atau aktif.

Sayangnya, Microsoft telah mengubah proses boot ke safe mode dari proses yang relatif mudah di Windows 7 dan Windows 8 ke salah satu yang jelas lebih rumit di Windows 10. Untuk boot ke Windows Safe Mode, pertama klik tombol Start pada Windows 10 dan pilih tombol Power seolah-olah Anda akan reboot, tetapi jangan klik apapun. Selanjutnya, tahan tombol Shift dan klik Reboot. Ketika menu layar penuh muncul, pilih Troubleshooting, kemudian Advanced Options, lalu Startup Settings. Pada jendela berikutnya klik tombol Restart dan tunggu layar berikutnya muncul (tetap bersama kami di sini, kami tahu ini panjang). Selanjutnya Anda akan melihat menu dengan opsi startup bernomor; pilih nomor 4, yang merupakan Safe Mode. Perhatikan bahwa jika Anda ingin terhubung ke pemindai online, Anda harus memilih opsi 5, yaitu Safe Mode with Networking.


Anda mungkin menemukan bahwa PC Anda berjalan lebih cepat dalam Mode Aman. Ini bisa menjadi tanda bahwa sistem Anda memiliki infeksi malware, atau itu bisa berarti bahwa Anda memiliki banyak program yang sah yang biasanya dimulai bersama Windows. Jika PC Anda dilengkapi dengan drive solid-state, mungkin itu jalan cepat.

Langkah 2: Hapus file-file sementara


tempfiles
temp files Anda dapat menggunakan utilitas pembersihan diska bawaan Windows 10 untuk menghapus sistem
file temporer yang tidak perlu. Dunia PC Sekarang Anda berada dalam Mode Aman, Anda akan ingin menjalankan pemindaian virus. Tetapi sebelum Anda melakukannya, hapus file sementara Anda. Melakukan hal ini dapat mempercepat pemindaian virus, mengosongkan ruang disk, dan bahkan menyingkirkan beberapa malware. Untuk menggunakan utilitas Disk Cleanup yang disertakan dengan Windows 10, cukup ketikkan Disk Cleanup di bar pencarian atau setelah menekan tombol Start dan pilih alat yang muncul bernama Disk Cleanup.

Langkah 3: Unduh Antivirus Sekarang Anda sudah siap memiliki pemindai malware untuk melakukan tugasnya — dan untungnya, menjalankan pemindai cukup untuk menghapus sebagian besar infeksi standar. Jika Anda sudah memiliki program antivirus yang aktif di komputer Anda, Anda harus menggunakan pemindai yang berbeda untuk pemeriksaan malware ini, karena perangkat lunak antivirus Anda saat ini mungkin tidak mendeteksi malware tersebut. Ingat, tidak ada program antivirus yang dapat mendeteksi 100 persen dari jutaan jenis dan varian malware. Ada dua jenis program antivirus. Anda mungkin lebih akrab dengan program antivirus waktu nyata, yang berjalan di latar belakang dan terus-menerus menonton malware. (Pilihan lain adalah pemindai on-demand, yang mencari infeksi malware ketika Anda membuka program secara manual dan menjalankan pemindaian. Anda seharusnya hanya memiliki satu program antivirus waktu nyata yang diinstal pada satu waktu, tetapi Anda dapat memiliki banyak pemindai sesuai permintaan dipasang untuk menjalankan pemindaian dengan beberapa program, dengan demikian memastikan bahwa jika satu program melewatkan sesuatu yang berbeda dapat menemukannya. Jika Anda berpikir PC Anda terinfeksi, kami sarankan untuk menggunakan pemindai on-demand terlebih dahulu dan kemudian menindaklanjutinya dengan pemindaian penuh oleh program antivirus real-time Anda. Di antara pemindai on-demand gratis (dan berkualitas tinggi) yang tersedia misalnya  BitDefender Free EditionKaspersky Virus Removal ToolMalwarebytes,Microsoft’s Malicious Software Removal ToolAvastSuperAntiSpyware.

Langkah 4: Jalankan pemindaian dengan Malwarebytes Setelah mengunduh Malwarebytes, jalankan file setup dan ikuti wizard untuk menginstal program. Setelah program terbuka, maka secara otomatis akan mengaktifkan uji coba versi berbayar yang memungkinkan pemindaian waktu nyata. Anda tidak akan dikenakan biaya setelah uji coba berakhir, namun — secara default, program beralih ke versi gratis standar dalam 14 hari. Sementara itu, Anda dapat menonaktifkan pemindaian waktu nyata selama dua minggu jika Anda lebih suka. Untuk menjalankan pemindaian, beralih dari tab Dasbor ke tab Pindai. Biarkan opsi pemindaian default ("Threat Scan") dipilih dan klik tombol Mulai Pindai. Ini harus memeriksa pembaruan sebelum menjalankan pemindaian, tetapi pastikan itu terjadi sebelum Anda melanjutkan.

malwarebytes3screencap2

Meskipun menawarkan opsi pemindaian-khusus, Malwarebytes menyarankan Anda melakukan pemindaian ancaman terlebih dahulu, karena pemindaian itu biasanya menemukan semua infeksi. Tergantung pada komputer Anda, pemindaian cepat dapat berlangsung mulai dari 5 hingga 20 menit, sedangkan pemindaian khusus mungkin memerlukan waktu hingga 30 hingga 60 menit atau lebih. Saat Malwarebytes memindai, Anda dapat melihat berapa banyak file atau objek yang telah dipindai oleh perangkat lunak, dan berapa banyak dari file-file itu yang telah diidentifikasi sebagai malware atau terinfeksi oleh malware. Jika Malwarebytes secara otomatis menghilang setelah mulai memindai dan tidak akan dibuka kembali, Anda mungkin memiliki rootkit atau infeksi dalam lainnya yang secara otomatis membunuh pemindai untuk mencegahnya menghapusnya. Meskipun Anda dapat mencoba beberapa trik untuk mengatasi teknik jahat ini, Anda mungkin lebih baik menginstal ulang Windows setelah membuat cadangan file Anda (seperti yang dibahas nanti), mengingat waktu dan usaha yang mungkin harus Anda keluarkan untuk mengalahkan malware. Setelah pemindaian selesai, Malwarebytes akan menunjukkan hasilnya kepada Anda. Jika perangkat lunak memberikan sistem Anda tagihan bersih kesehatan tetapi Anda masih berpikir bahwa sistem Anda telah memperoleh beberapa malware, pertimbangkan untuk menjalankan pemindaian kustom dengan Malwarebytes dan coba pemindai lain yang disebutkan sebelumnya. Jika Malwarebytes menemukan infeksi, itu akan menunjukkan kepada Anda apa itu ketika pemindaian selesai. Klik tombol Hapus yang Dipilih di kiri bawah untuk menyingkirkan infeksi yang ditentukan. Malwarebytes juga dapat meminta Anda untuk me-restart PC Anda untuk menyelesaikan proses penghapusan, yang harus Anda lakukan.
malwarebytes3 pup

Jika masalah Anda tetap ada setelah Anda menjalankan pemindaian ancaman dan telah menemukan dan menghapus file yang tidak diinginkan, pertimbangkan untuk menjalankan pemindaian penuh dengan Malwarebytes dan pemindai lain yang disebutkan sebelumnya. Jika malware tampak hilang, jalankan pemindaian penuh dengan program antivirus real-time Anda untuk mengonfirmasi hasil tersebut.

Langkah 5: Perbaiki browser web Anda

Infeksi malware dapat merusak file sistem Windows dan pengaturan lainnya. Salah satu ciri malware yang umum adalah memodifikasi beranda peramban web Anda untuk menginfeksi ulang PC, menampilkan iklan, mencegah perambanan, dan pada umumnya mengganggu Anda.

Sebelum meluncurkan browser web Anda, periksa beranda dan pengaturan koneksi Anda. Untuk Internet Explorer, klik kanan tombol Start Windows 10 dan pilih Control Panel, lalu Internet Options. Temukan pengaturan Halaman Awal di tab Umum, dan verifikasi bahwa itu bukan situs yang tidak Anda ketahui. Untuk Chrome, Firefox, atau Edge, cukup masuk ke jendela pengaturan browser Anda untuk memeriksa pengaturan beranda Anda.

Langkah 6: Pulihkan file Anda jika Windows rusak





IE Home Page Settings

Jika Anda tampaknya tidak dapat menghapus malware atau jika Windows tidak berfungsi dengan benar, Anda mungkin harus menginstal ulang Windows. Tetapi sebelum menghapus hard drive Anda, salin semua file Anda ke USB eksternal atau flash drive. Jika Anda memeriksa email Anda dengan program klien (seperti Outlook atau Windows Mail), pastikan Anda mengekspor pengaturan dan pesan untuk menyimpannya. Anda juga harus mencadangkan driver perangkat Anda dengan utilitas seperti Double Driver, jika Anda tidak memiliki disk driver lagi atau tidak ingin mengunduhnya lagi. Ingat, Anda tidak dapat menyimpan program yang diinstal. Sebagai gantinya, Anda harus menginstal ulang program dari cakram atau mengunduhnya. Jika Windows tidak dapat berjalan atau berfungsi dengan baik sehingga Anda dapat mencadangkan file, Anda dapat membuat dan menggunakan Live CD, seperti Hiren's BootCD (HBCD), untuk mengakses file Anda. Setelah Anda mencadangkan semuanya, instal ulang Windows dari disk yang disertakan dengan PC Anda, dengan mengunduh gambar instalasi dari Microsoft, atau dengan menggunakan opsi pemulihan pabrik PC Anda, jika ada. Untuk mengembalikan pabrik, Anda biasanya harus menekan tombol tertentu pada keyboard selama proses boot agar prosedur pemulihan dapat dimulai, dan PC Anda akan memberi tahu Anda tombol apa yang harus ditekan dalam beberapa detik pertama setelah Anda menyalakannya. Tidak ada petunjuk di layar yang berkonsultasi dengan manual Anda, pabrikan, atau Google.

0 Response to "Cara menghapus malware dari PC Windows Anda"

Post a Comment

Berikan Komentar Anda di Bawah Ini Sesuai Dengan Isi Artikel di Atas !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel